#TM9.Cost Advantage+Bullwhip Effect. Sabtu 210418

(What)Keuntungan biaya adalah salah satu dari dua jenis keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan. Biaya juga sangat penting untuk strategi diferensiasi karena harus mempertahankan jarak biaya dengan pesaing. Kecuali harga premium yang dihasilkan melebihi biaya pembedaan, pembeda akan gagal mencapai kinerja yang unggul. (who)Posisi biaya relative perusahaan dalam aktivitas nilai yang sama. Sebagai pesaing tergantung pada posisi vis-à-vis biaya driver dari mereka yang bersifat relatif terhadap pesaing. Jika skala regional mendorong biaya tenaga penjualan.

 (why)tujuan dilakukannya Cost advantage untuk perusahaan yaitu, untuk komposisi nilai tambah vs pesaing serta posisi relative vis-à-vis biaya driver untuk setiap aktivitas. (when)kapan bisa mendiagnosa cost driver, yaitu saat 1 driver memberikan pengaruh pada nilai aktivitas biaya, serta beberapa driver sering berinteraksi untuk menentukan biaya.

(How)Bagaimana cara menambah cost advantage, yaitu dengan mengontrol biaya driver dengan cara sebuah perusahaan bisa menambah keuntungan dengan menghormati kepada biaya dari aktivitas nilai yang menunjukan sebuah total biaya yang signifikan serta dengan merekonstruksi ulang nilai tambah dengan cara sebuah perusahaan bisa mengambil sebuah perbedaan dan jalan yang efisisen untuk mendesain, memproduksi, mendistribusi, atau pasar produk.

(what)Bullwhip Effect mengacu pada jenis distorsi(penyimpangan) yang terjadi dalam proses transmisi informasi pesanan hulu, yang merupakan fluktuasi besar dalam kuantitas pesanan hulu disebabkan oleh fluktuasi permintaan hilir. Cara terbaik untuk memecahkan Bullwhip Effect adalah untuk mengurangi knot dari rantai pasokan sejauh mungkin, sehingga untuk lebih memastikan keakuratan informasi. Serta menggunakan sistem manajemen rantai pasokan yang efisien dan menyadari respon real-time, langsung mengurangi biaya operasi perusahaan. Adapun faktornya yaitu: beberapa aspek yang perkiraan permintaan amandemen, fluktuasi harga, keputusan jumlah pesanan, kekurangan permainan, ketidakseimbangan persediaan, lead time, dll


Ref:
Dai jianhuai, PS,LS, 2017 Mitigation of Bullwhip Effect in Supply Chain Inventory Management Model. Beijing. School of Economics and Management, Communication University of China.


Porter Michael E,1985,Competitive Advantage creating and sustaining superior performance with new introduction,Chapter 2 The Value Chain and Competitive Advantage(hal 33),New York ,Simon&Shcuster inc.

Komentar